Pedoman Penulis

Petunjuk Penulis

JUDUL (Font Cambria, Ukuran 14, Bold, rata kiri)

Tulisan judul antara 5 s.d 12 kata dengan kriteria: lugas, informatif dan mengambarkan keseluruhan isi tulisan. Judul ditulis bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

 

Nama Penulis (Cambria, size 12)

Afiliasi/Institusi (Cambria, size 11)

emailanda@email.com;

 

Abtrak

bagian ini ditulis dengan menggunakan font cambria, ukuran 12, terdiri dari 150-200 kata dengan cakupan antara lain: problem penelitian, tujuan penelitian, metode yang digunakan dan hasil penelitian. . Abstrak ditulis bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

 

Pendahuluan

Pendahuluan terdiri dari latar belakang yang memuat fenomena empiris atau kajian-kajian terdahulu yang dikemas melalui perdebatan akademik. Teori pendukung sekilas juga dideskripsikan dengan jelas, perumusan masalah, dan tujuan penulisan ditulis dalam satu bab tanpa sub judul. Pada bagian ini juga diketengahkan problem empiris atau konseptual yang mendasari penelitian ini perlu dilakukan. Pendahuluan memuat 1 – 3 halaman dimana satu paragraf paling banyak tersusun dengan 8 baris, mengacu pada beberapa pustaka yang menjadi landasan teori atau alasan penelitian. Sajikan dengan font Cambria ukuran 12pt spasi 1,15. Diutamakan menggunakan referensi Mendeley dengan gaya (style) Turabian 8th Fullnote. Referensi jurnal, buku, naskah laporan menggunakan sepuluh (10) tahun terkahir. Sebagai rujukan/ referensi menggunakan minimal 15 jurnal ilmiah/ proseding.

 

Diskusi dan Pembahasan

Berisi (1) teori yang digunakan sebagai pisau analisa/ perspektif dalam riset yang dilakukan; (2) paparan data yang relevan yang disajikan sesuai dengan tema kajian; (3) analisis data: mendialogkan data empiris atau konseptual dengan teori (4) Hasil penelitian menggambarkan temuan utama dari penelitian.

 

Kesimpulan

Simpulan berisi jawaban dari rumusan masalah penelitian. Simpulan merupakan intisari dari pembahasan dan hendaknya merupakan jawaban atas pertanyaan penelitian dengan bentuk diskriptif. Simpulan memuat jawaban atas pertanyaan penelitian. Ditulis dalam bentuk narasi, bukan dalam bentuk numerikal/numbering. Saran diberikan atas dasar hasil penelitian.

 

Referensi

Rujukan yang digunakan harus memenuhi 80% jurnal ilmiah, sedangkan 30% nya adalah buku atau hasil laporan penelitian yang masing-masing diterbitkan paling lama 10 tahun terakhir, kecuali buku induk